Profil PKP2A (Pusat Kajian dan Kebijakan dan Pelatihan Aparatur) IV LAN Aceh

Pendirian Kantor Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur IV Lembaga Administrasi Negara (PKP2A IV LAN) di Banda Aceh terlaksana atas kerjasama Pemerintah Aceh pada masa kepemimpinan Bapak Gubernur Irwandi Yusuf (periode 2007–2012) dengan Kepala LAN RI bapak Asmawi Rewansyah (periode 2008 s.d 2012). Secara resmi dimuat dalam piagam kerjasama antara Pemerintah Aceh dengan LAN RI Nomor : 30 PKS/2008 dan Nomor: 1091/XIII/7/4/2008 tertanggal 1 Desember 2008 tentang Pengembangan Kapasitas Sumberdaya Aparatur dan Administrasi Pemerintahan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Kemudian Kementerian Negara PAN dan RB menyetujui pembentukan PKP2A IV LAN di Banda Aceh dengan pertimbangan dalam rangka mendekatkan dan meningkatkan peran pelayanan LAN di daerah guna mendukung peningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara di Aceh khususnya dan daerah lain di wilayah Sumatera pada umumnya. Pembentukan PKP2A IV LAN ditetapkan dalam Peraturan Kepala LAN Nomor 2 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala LAN No. 4 Tahun 2004 Tentang Organisasi dan Tata Kerja LAN sebagaimana telah dua kali diubah terakhir dengan Peraturan Kepala LAN Nomor 4 Tahun 2008.  PKP2A IV LAN memiliki struktur dan tata kerja organisasi yang terdiri dari : Kepala PKP2A IV LAN, Kepala Bagian Administrasi yang terdiri dari Kasubbag Umum dan SDM, Kasubbag Perencanaan dan Evaluasi Program (Rennev), dan Kasubbag Keuangan. Kepala Bidang Diklat Aparatur, dan Kepala Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara. PKP2A IV LAN juga memiliki Jabatan Fungsional Peneliti dan Fungsional Widyaswara.
Untuk mendukung operasionalisasi perkantoran, Pemerintah Aceh berdasarkan Kesepakatan bersama antara Pemerintah Aceh dengan LAN Nomor : 41/PKS/2009 dan Nomor : 1126/IX/3/3/2009 tanggal 20 Nopember 2009 tentang Pinjam Pakai Barang Milik Pemerintah Aceh Berupa Tanah dan Bangunan Gedung Jalan T. Panglima Nyak Makam, Banda Aceh. Kemudian penandatanganan Prasasti pendirian Kantor PKP2A IV LAN dilakukan oleh Menteri PAN-RB yang diwakili oleh Sesmenpan-RB, oleh Gubernur Aceh dan Kepala LAN. Pinjam kantor tersebut berlangsung sejak tahun 2010 s.d 2014. Kepemimpinan PKP2A IV LAN sejak periode tahun 2009 s.d 2014 Kepala PKP2A IV LAN dijabat oleh Drs. Dermawan, MM, yang kemudian beliau dilantik menjadi Sekda Aceh (periode 2013 s.d sekarang).
Kemudian pada tahun 2014 PKP2A IV LAN menempati gedung baru di Jl. Dr. Mr. Teuku Muhammad Hasan, Kec. Darul Imarah Aceh Besar, tepat di belakang kantor Kejaksaan Tinggi Aceh, yang diresmikan oleh Gubernur Aceh DR. Zaini Abdullah dan Kepala LAN Prof. DR. Agus Dwiyanto pada tanggal 23 April 2015. Kepemimpinan PKP2A IV LAN sejak periode 2014 s.d sekarang dijabat, Kepala PKP2A IV LAN Aceh dijabat oleh Ir. Faizal Adriansyah, M.SI.
PKP2A IV LAN memiliki sarana dan prasarana gedung Gedung A untuk penyelenggaraan proses Administrasi, Gedung B untuk penyelenggaraan Pembelajaran Diklat dan Forum-forum ilmiah, Gedung C1 dan C2 untuk Asrama Peserta Diklat, Gedung Auditorium, dan Mushalla.
PKP2A IV LAN memiliki tugas dan fungsi dalam layanan bidang Diklat Aparatur, Pengkajian dan Pengembangan Inovasi Administrasi Negara. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi tersebut, PKP2A IV LAN memiliki pedoman nilai-nilai dasar LAN yaitu IPIP (Integritas, Profesional, Inovasi, Peduli). PKP2A IV LAN menyelenggarakan beragam kegiatan pengembangan kompetensi ASN yaitu Laksar CPNS, Diklat PIM Tk. IV (Jabatan Pengawas), Diklat PIM Tk. III (Jabatan Administrator), dan Diklat PIM Tk. II (Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama). Pengkajian dan Pengembangan Inovasi Administrasi Negara di Daerah.

Source : http://aceh.lan.go.id/profil/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mars Lembaga Administrasi Negara

Pengalaman Mengikuti Seleksi CPNS Lembaga Administrasi Negara Hingga Dinyatakan Lulus